Pilwali Bontang Dimulai Juli 2010

|

Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Bontang, Adief Mulyadi mengatakan, tahapan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Bontang akan dimulai pada Juli 2010 mendatang. Rencana ini telah dituangkan dalam draft tahapan pilwali yang baru saja dirampungkan KPUD pekan lalu.

"Dalam draft yang kami susun, rencananya tahapan pilwali akan kita mulai Juli 2010 nanti," ujar Adief di ruang kerjanya. Penyusunan draft tahapan pilwali tersebut menurut Adief, didasarkan pada UU 22/2007 tentang Penyelenggaraan Pilkada. Dalam ketentuan itu disebutkan bahwa tahapan penyelenggaraan Pilkada membutuhkan waktu 8 bulan, terhitung sebelum batas akhir jabatan Walikota/Wawali yang jatuh pada 23 Maret 2011 mendatang. "Tahapannya 8 bulan, yakni 6 bulan digunakan untuk mempersiapkan pemungutan suara dan 2 bulan pasca pemungutan suara," katanya.

Ditambahkan, jika draft tahapan ini berjalan lancar maka hari H pemungutan suara diperkirakan jatuh pada 20 Januari 2011. Penetapan hari H ini juga dilakukan secara selektif yakni diupayakan tidak bertepatan dengan hari libur. "Warga Bontang ini mobilitasnya sangat tinggi, jadi kita hindari hari-hari libur," paparnya.

Ditanya soal alokasi dana yang dibutuhkan untuk menyelenggarakan pilwali, Adief secara lugas mengakui bahwa pihaknya memperkirakan dana yang dibutuhkan Rp 14 miliar dengan asumsi pilwali berlangsung satu putaran. "Kalau menggunakan asumsi satu putaran anggarannya sekitar Rp 14 miliar. Tapi yang jelas kami akan mengajukan dua versi draft satu putaran dan dua putaran," ungkapnya.

Dikemukakan, item anggaran terbesar dari penyelenggaran pilkada adalah membayar honor petugas yang berjumlah 2.700 orang dan pengadaan perlengkapan logistik di tempat pemungutan suara (TPS). "Asumsi kita ada sekitar 300 TPS. Nah masing masing TPS terdiri dari 7 petugas yakni 5 orang KPPS dan 2 orang Linmas. Berarti ada sekitar 2.700 orang yang harus diberi honor," katanya. (udin dohang)

Kutipan
(http://www.tribunkaltim.co.id/read/artikel/42337)

0 komentar:

Posting Komentar

 

©2009 Pemimpin Bontang | Template Blue by TNB